Bakal Temui Zelensky-Putin, Media Asing Sebut Presiden Jokowi Sebagai Juru Damai


Presiden Jokowi--Instagram @jokowi

SEPUTAR SURABAYA - Presiden Jokowi dikabarkan akan bertolak ke Ukraina dan Rusia untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin.

Hal ini menjadi sorotan sejumlah media asing bahkan menyebut Presiden Jokowi sebagai juru damai kedua negara yang sedang bertikai tersebut.

Kabarnya kunjungan akan dilakukan Jokowi usai menghadiri undangan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman, 26-28 Juni.

(BACA JUGA:Banjir Pujian! Shin Tae-yong Mendadak Hentikan Latihan karena Azan Berkumandang, Netizen: Salut Sama STY!)

Salah satu media yang memberitakan agenda Jokowi ini adalah Reuters, media tersebut menyebut misi Jokowi yakni mendorong perdamaian atas Ukraina dan Rusia

Adapun judul artikel pemberitaannya sebagai berikut:

"Ketua G20 Indonesia Dorong Perdamaian dengan Kunjungan Ukraina, Rusia,"

(BACA JUGA:Dipuji Aji Santoso Mampu Gantikan Peran Koko Ari, Begini Profil Arief Catur Pemain Muda Persebaya!)

Diberitakan oleh Reuters bahwa presiden RI ini akan bertemu dengan mitranya minggu depan dan mendesak resolusi damai.

"Presiden Indonesia Joko Widodo akan mengunjungi Ukraina dan Rusia pekan depan untuk bertemu mitranya itu dan mendesak resolusi damai atas konflik yang terjadi, demikian disampaikan Menteri Luar Negeri [Retno Marsudi]," tulis Reuters.

Rupanya tak hanya Reuters, Media The Strait Times juga turut memberitakan rencana kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia.

(BACA JUGA:Presiden Jokowi Jawab Keraguan Soal Pembangunan IKN: Lho Sudah ada UU-nya!)

"Menggambarkan bahwa kunjungan ini dilakukan 'di situasi yang abnormal', Ibu Retno mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo 'memilih mencoba berkontribusi dan tidak ingin tetap diam' di tengah 'situasi rumit dan permasalahan yang kompleks' yang dihadapi dunia," tulis The Strait Times.

Tak hanya itu, media Singapura ini sempat menyinggung pula peran yang Jokowi sebagai presiden G20 dan anggota Champion Group of the Global Crisis Response Group di bawah Sekretariat Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa.

Media asing lainnya yang menyoroti agenda Jokowi bertemu Zelensky dan Putin adalah South China Morning Post (SCMP).

(BACA JUGA:Dapat Hadiah Tumpeng Ulang Tahun dari Megawati, Jokowi Puji Kecantikan Sang Pimpinan)

"Indonesia akan mengundang Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pertemuan itu meskipun negara Eropa Timur itu bukan anggota G20. Keduanya telah mengonfirmasi undanga tersebut," tulis SCMP.

(SS)

`
Kategori : Internasional