Wajib Tahu! Inilah 8 Manfaat Daun Binahong yang Berguna untuk Melawan Penyakit dan Menyehatkan Kulit


Foto daun binahong--Tangkapan layar dari akun resmi instagram/@kementrianpertanian

SEPUTAR SURABAYA – Manfaat Daun Binahong sudah cukup diketahui oleh sebagian besar masyarakat Tiongkok sebagai obat herbal tradisional. 

Kandungan senyawa yang dimiliki oleh daun binahong bisa berkhasiat untuk melawan segala jenis penyakit hingga mampu menjaga Kesehatan kulit.

Tanaman dengan istilah latin Anredera cordifolia ini memiliki berbagai jenis kandungan senyawa seperti vitamin E, asam folat, zat besi, kalsium, protein, flavonoid, beta karoten, dan riboflavin. 

(BACA JUGA:Atasi Berbagai Penyakit Kronis ala dr. Zaidul Akbar, Mulai dari Asma hingga Alergi! Coba 6 Bahan Herbal Ini)

Khasiat dari daun binahong bisa memberikan manfaat sebagai antioksidan, anti-inflamasi, anti bakteri, hingga anti nyeri yang tentunya dapat menjaga kesehatan tubuh dari segala penyakit.

Lantas apa saja jenis masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan daun binahong? Berikut terdapat 8 manfaat daun binahong yang wajib Anda ketahui untuk melawan segala permasalahan kesehatan dirangkum dari beberapa sumber.

1. Mencegah Diabetes


Diabetes-tumisu-Pixabay

Diabetes dianggap sangat berbahaya karena sulit untuk disembuhkan apabila sudah terkena penyakit ini. 

Diabetes bisa terjadi ketika kadar gula dalam darah meningkat lebih tinggi dari batas kebutuhan normal. Penderita diabetes harus terus mengontrol kadar gula secara rutin agar tidak melebihi batas normal. 

(BACA JUGA:5 Cara Jitu Agar Anak Doyan Makan Sayur, Sajikan Semenarik Mungkin Salah Satunya)

Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini terjadi adalah dengan mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat untuk mengendalikan tingkat kadar gula dalam tubuh . 

Ternyata daun binahong dapat menjadi pilihan alternatif untuk Anda dalam mencegah penyakit diabetes dengan cara mengonsumsi air rebusan daun ini.

Hal tersebut bisa terjadi karena terdapat kandungan senyawa flavonoid, steroid, dan kumarin yang mampu menghambat penyerapan gula di dalam usus serta kemampuan untuk memicu produksi hormon insulin yang dapat menurunkan risiko diabetes.

(BACA JUGA:Mengenal 7 Manfaat Daun Salam, Mulai dari Mengobati Asam Urat hingga Redakan Stres)

2. Meredakan Maag


ilustrasi penyakit Maag-pixel_perfect-pixabay

Penyakit maag bisa terjadi karena pola makan yang kurang teratur sehingga memicu luka pada lambung serta menimbulkan rasa perih di area perut pada penderitanya.

Hal tersebut tentu sangat terasa tidak nyaman apabila penyakit ini sering kambuh, akan tetapi Anda bisa mengonsumsi daun binahong untuk mengatasi rasa sakit tersebut.

Rebus 10 lembar daun binahong dengan air hingga mendidih, kemudian minum air rebusan tersebut selama 3 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

Daun binahong diketahui memiliki sifat antioksidan yang mampu membersihkan radikal bebas, sehingga mukosa dalam lambung bisa terlindungi. 

(BACA JUGA:Penuh Segudang Nutrisi! Beginilah 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh )

3. Mengobati Luka Bakar


ilustrasi luka-Pixabay-Shutterbug75

Manfaat daun binahong juga bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan luka, utamanya luka bakar.

Sifat antibakteri yang dimiliki oleh daun binahong ini mampu mencegah terjadinya infeksi bakteri yang biasanya membuat luka lebih sulit untuk sembuh.

Kombinasi dari kandungan flavonoid, tanin, dan saponin yang terdapat dalam daun ini mampu bekerja untuk penyembuhan luka yang lebih cepat.

Flavonoid berfungsi untuk mengurangi peradangan dan saponin berguna untuk mempercepat pembentukan kolagen pada kulit. Sedangkan tanin bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit yang terluka, menghentikan pendarahan yang ringan serta risiko bernanah sehingga kulit dapat menutup luka lebih cepat.

(BACA JUGA:6 Manfaat Daun Kemangi, Kaya Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil)

4. Menyehatkan Ginjal


ilustrasi batu ginjal-pixabay/mohamed_hassan-

Daun binahong juga bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi kerja ginjal. Hal ini telah dibuktikan dalam suatu penelitian pada penderita Gagal Ginjal yang mengonsumsi ekstrak daun binahong. Diketahui sel ginjal pada pasien tersebut mengalami perbaikan yang cukup signifikan. 

Sehingga daun binahong ini tak hanya untuk menjaga kesehatan ginjal, akan tetapi juga bisa digunakan sebagai obat bagi penderita gagal ginjal. 

Untuk bisa mendapatkan khasiat dari daun binahong ini, Anda bisa merebus 10 hingga 15 gram daunnya dengan air sampai menyisakan segelas air. Minum sebanyak 3 kali dalam sehari sebelum makan.

(BACA JUGA:Wow! Bisa jadi Alternatif Diet, Inilah 5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan)

5. Mengatasi Jerawat


ilustrasi jerawat-Pixabay-yiyiphotos

Munculnya jerawat di wajah tentu akan sangat mengganggu karena bisa mengurangi kepercayaan diri dalam berpenampilan. Selain itu risiko peradangan juga bisa dengan mudah menyerang kulit Anda. 

Oleh karena itu masalah jerawat harus segera diatasi, salah satunya menggunakan daun binahong jika Anda sedang mencari bahan alami yang efektif.

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk mengobati jerawat dengan daun binahong. Yang pertama dengan mengonsumsi air rebusan daunnya sebagai obat herbal yang melawan jerawat dari dalam.

Kedua, Anda bisa menumbuk halus daun binahong kemudian mengoleskannya pada wajah untuk digunakan sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

(BACA JUGA:5 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh, Mengatasi Radang Sendi Salah Satunya)

6. Mencegah Penyakit Jantung


ilustrasi jantung-pixabay/geralt-

Manfaat daun binahong selanjutnya dipercaya mampu untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan dari ekstrak daunnya berfungsi untuk mengontrol detak jantung serta menurunkan tingkat kolestrol dan lemak jahat dalam darah. Kedua efek tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah serangan jantung ataupun gagal jantung. 

7. Mencerahkan Kulit


ilustrasi kulit sehat-pixabay/office469-

Daun binahong bisa Anda gunakan sebagai bahan alami yang efektif untuk mencerahkan kulit. Dengan meminum air rebusan daun binahong, Anda bisa merasakan manfaatnya tanpa harus menanggung risiko efek negatif dari penggunaan krim pemutih yang berbahaya.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


ilustrasi daya tahan tubuh-pixabay/office469-

Karena daun binahong memiliki berbagai kandungan yang penuh manfaat bagi tubuh, mengonsumsi air rebusan daun ini secara rutin mampu membantu daya tahan tubuh semakain meningkat. Sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit dan berstamina, yang membuat Anda dapat bekerja secara optimal. 

(BACA JUGA:Mampu Atasi Jerawat! Inilah 7 Manfaat Daun Bidara yang Perlu Diketahui agar Kesehatan Tubuh Terjaga)

Setelah mengetahui beberapa manfaat daun binahong tersebut, ada hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengonsumsinya. 

Setiap penggunaan obat herbal memungkinkan bagi seseorang untuk merasakan efek samping sehingga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Terlebih apabila Anda tergolong memiliki alergi, karena bukan mendapatkan manfaat justru bisa menimbulkan gangguan yang tidak nyaman pada tubuh Anda. 

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik dis

(SS)

`
Kategori : Kesehatan