5 Buah Ini Bisa Atasi Dehidrasi Saat Cuaca Panas, Begini Penjelasan dr. Saddam Ismail


Ilustrasi Buah Segar--pixabay.com

SEPUTAR SURABAYA - Berikut ini adalah beberapa buah yang memiliki manfaat dapat mengatasi Dehidrasi. Cuaca panas dan terik membuah tubuh mengeluarkan cairan untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Ketika tubuh mengeluarkan banyak cairan dapat berdampak pada berkurangnya banyak cairan di tubuh. Hal ini harus segera diatasi agar fungsi tubuh tetap normal. Selain banyak mengkonsumsi air putih, Dr. Saddam Ismail juga menganjurkan untuk mengkonsumsi 5 buah-buahan ini.

"Selain mengkonsumsi air untuk mencukupi kebutuhan cairan, mengkonsumsi buah-buahan juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubu," ungkap dr. Saddam Ismail, dikutip dari kanal YouTubenya Saddam Ismail, Senin (13/6).

(BACA JUGA:Penting! Perhatikan Jam Kerja Organ Tubuh Manusia, Jangan Lagi Memaksakan Diri)

Lantas apa saja 5 buah tersebuh? Berikut ini ulasan selengkapnya:

1. Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan kaya air dan vitamin C yang tinggi. Selain itu buah berwarna orange ini memiliki antioksidan yang dapat mengatasi peradangan.

2. Buah Semangka

Buah semangka juga termasuk buah yang mengandung banyak air sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi dehidrasi.

(BACA JUGA:6 Manfaat Daun Mint, Ramuan Herbal Ampuh Mengatasi Mual hingga Mengurangi Stres)

Tak hanya itu, rupanya semangka juga kerap digunakan untuk menu diet karna rendah kalori.

3. Buah Melon

Buah melon termasuk dalam family semangka yang mempunyai kandungan air cukup tinggi. Oleh karena itu melon dapat menjadi alternatif pilihan mengatasi dehidrasi.

Namun berbeda dengan buah semangka, kadar kalori buah ini cukup tinggi dan sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

(BACA JUGA:Bukan Cuma Daging Buahnya, Begini 8 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui )

Selain itu tidak disarankan pula dikonsumsi orang memiliki riwayat diabetes dan kurang cocok bagi yang sedang diet.

4. Buah Strawberry

Buah selanjutnya yang memiliki kandungan air tinggi adalah buah strawberry. Buah berwarna merah satu ini juga dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi dehidrasi.

"Selain kaya akan air, buah strawberry juga mengandung serat, antioksidan, vitamin hingga mineral sehingga sangat disarankan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh," tambah dr. Saddam Ismail.

(BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 8 Manfaat Daun Binahong yang Berguna untuk Melawan Penyakit dan Menyehatkan Kulit)

5. Buah Nanas

Terkahir buah yang dianjurkan dapat mengatasi dehidrasi adalah nanas. Nanas memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Manfaat lain buah nanas adalah mengandung enzim yang dapat mengatasi peradangan jadi selain baik untuk mencegah dehidrasi, buah nanas juga baik untuk anti peradangan.

Dalam keterangannya dr. Saddam Ismail menambahkan, meskipun buah-buahan di atas kaya dengan air dan dapat membantu mengatasi dehidrasi, buah-buahan tersebut tidak dapat menjadi pengganti total air untuk memenuhi kebutuhan Cairan Tubuh.

(SS)

`
Kategori : Kesehatan