Tanaman Ajaib! Inilah 8 Manfaat Daun Kelor yang Dianggap Mampu Mengatasi Segala Permasalahan Kesehatan


Ilustrasi daun kelor-S. Herman/pixabay.com-pixabay.com

SEPUTAR SURABAYA – Sebagian besar masyarakat Indonesia telah mengakui beragam Manfaat Daun Kelor untuk kesehatan. Tanaman yang tumbuh di daerah tropis ini biasa digunakan sebagai obat herbal tradisional.

Daun kelor kaya akan kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan.

Tanaman dengan nama ilmiah Moringa oeifera ini memiliki banyak vitamin dan mineral, serta kaya akan antioksidan yang sehat dan senyawa bioaktif lainnya.

(BACA JUGA:6 Manfaat Daun Mint, Ramuan Herbal Ampuh Mengatasi Mual hingga Mengurangi Stres)

Daun kelor berukuran 21 gram mengandung sumber protein sebesar 2 gram, vitamin B6 19 persen, vitamin C 12 persen, zat besi 11 persen, riboflavin 11 persen, vitamin A 9 persen, dan magnesium 8 persen.

Di negara bagian barat, daun kelor dijual sebagai Suplemen dalam bentuk bubuk maupun kapsul. Akan tetapi di Indonesia tanaman ini mudah ditemui di pekarangan atau halaman rumah, sehingga lebih terjangkau untuk mengonsumsinya.

Melansir dari Healthline, berikut 8 manfaat daun kelor yang kaya akan Khasiat bagi kesehatan tubuh serta mampu melawan berbagai penyakit.

(BACA JUGA:Bukan Cuma Daging Buahnya, Begini 8 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui )

1. Mencegah Diabetes


ilustrasi diabetes-Pixabay-Myriams-Fotos

Antioksidan yang terdapat pada daun kelor berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini bisa menyebabkan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes tipe 2.

Kandungan asam klorogenat dapat membantu kadar gula darah tetap stabil. Menjaga kadar gula dalam darah sangat penting untuk menghindari masalah kesehatan yang serius.

Dalam sebuah studi sederhana yang dilakukan pada enam orang penderita diabetes, ditemukan hasil bahwa mengonsumsi 50 gram daun kelor bisa mengurangi kadar gula darah hingga 21 persen.

(BACA JUGA:4 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui)

2. Menyehatkan Jantung


Ilustrasi kesehatan jantung-Pexels-Pixabay

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cara kerja antioksidan adalah melawan radikal bebas yang juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Sehingga mengonsumsi daun kelor mampu menyehatkan kinerja jantung Anda.

Adanya senyawa quercetin juga mampu menurunkan tekanan darah yang umumnya berisiko untuk menyebabkan serangan jantung apabila tekanan darah tidak stabil.

3. Menurunkan Kolesterol


Ilustrasi Tes Kolesterol--

Secara otomatis daun kelor yang bermanfaat untuk jantung tentu saja juga bisa menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan tingkat kolesterol yang tinggi sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung.

Namun banyak makanan nabati yang mampu secara efektif menurunkan koleterol, termasuk daun kelor. Sederet penelitian baik pada hewan maupun manusia telah menunjukkan bahwa kelor memiliki efek penurunan kolesterol pada tubuh.

(BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 8 Manfaat Daun Binahong yang Berguna untuk Melawan Penyakit dan Menyehatkan Kulit)

4. Meningkatkan Kesuburan


ilustrasi kesuburan-pexels Rodnae Productions-Pexels.com/RodnaeProductions

Daun kelor memiliki sumber antioksidan yang sangat baik sehingga bisa membantu menangani kerusakan osidatif yang dapat menganggu produksi sperma atau merusak DNA sperma. 

Berkurangnya produksi sperma akan sangat merugikan bagi kaum pria sehingga mengonsumsi daun kelor dapat membantu untuk mengatasi Masalah Kesuburan.

Dalam sebuah studi pada tikus dan kelinci, hasil menunjukkan bahwa manfaat daun kelor mampu meningkatkan jumlah sperma secara signifikan.

(BACA JUGA:Mengenal 7 Manfaat Daun Salam, Mulai dari Mengobati Asam Urat hingga Redakan Stres)

Terlebih ditemukan juga bahwa ekstrak daun kelor dapat mencegah hilangnya sperma yang disebabhkan oleh sinar elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel.

5. Megurangi Peradangan


ilustrasi peradangan-Septimiu -Pixabay

Manfaat daun kelor selanjutnya dipercaya mampu mengurangi peradangan karena kandungan baik yang dimilikinya bisa mengurangi rasa sakit akibat infkesi atau cidera.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kandungan isothiocyanate pada daun kelor yang bersifat anti peradangan.

Akan tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut kepada manusia untuk mengetahui efektivitas kerja daun kelor untuk peradangan pada manusia.

(BACA JUGA:6 Manfaat Daun Kemangi, Kaya Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil)

6. Melawan Sel Kanker


ilustrasi kanker-pixabay/ColiN00B-

Kandungan sulforaphane pada daun kelor memiliki sifat anti-kanker sehingga dianggap dapat bekerja secara lebih baik dalam melawan sel kanker. 

Selain itu antioksidan yang dimiliki oleh daun kelor mampu melawan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan penyakit kanker.

7. Menurunkan Berat Badan


Penurun Berat Badan-SMR-Pixabay @sasint

Bubuk dari daun kelor telah disarankan oleh beberapa orang sebagai bahan untuk membantu menurunkan berat badan.

(BACA JUGA:Mampu Atasi Jerawat! Inilah 7 Manfaat Daun Bidara yang Perlu Diketahui agar Kesehatan Tubuh Terjaga)

Dalam sebuah percobaan pada tikus menunjukkan hasil bahwa daun kelor dapat mengurangi pembentukan lemak serta mampu memecah lemak.

Meski masih belum ada penelitian lebih lanjut terhadap manusia, namun efek suplemen dari daun kelor yang dikombinasi dengan bahan lain menunjukkan hasil yang cukup mendukung penelitian sebelumnya.

Dalam sebuah studi selama 8 minggu pada 41 orang yang diet, mereka mengonsumsi 900mg suplemen yang mengandung daun kelor dan kunyit kemudian ditemukan hasil dari penurunan berat badan sebesar 4,8kg dibandingkan dengan kelompok lain.

(BACA JUGA:7 Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Mimisan)

8. Mengatasi Disfungsi Ereksi


ilustrasi Disfungsi Ereksi-Derneuemann-Pixabay

Manfaat daun kelor juga bisa dirasakan oleh kaum pria untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi. Daun kelor sudah digunakan sejak lama untuk menjadi obat herbal dalam membangkitkan gairah. 

Hasil penelitian pada tikus menunjukkan bahwa daun kelor mampu meningkatkan fungsi seksual pria karena adanya peningkatan kadar testosteron.

Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengatahui efektivitas kerja daun kelor untuk manusia.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Nyeri Otot hingga Anti Kanker)

Daun kelor pada umumnya bisa dikonsumsi dengan cara merebus atau dimakan langsung sebagai sayuran tambahan pada masakan. 

Akan tetapi terdapat beberapa jenis olahan daun kelor yang bisa membantu Andaa untuk mengonsumsinya secara mudah dan efektif.

- Bubuk daun kelor: memiliki rasa yang pahit dan sedikit manis, Anda dapat menambahkannya dengan yogurt ataupun smoothie untuk meningkatkan asupan nutrisi dalam tubuh.

- Kapsul: dalam kapsul ini bisa berbentuk dua jenis yakni bubuk atau ekstrak. Anda bisa melihat keterangan dalam kemasan suplemen untuk mengetahui isi ramuannya.

(BACA JUGA:7 Manfaat Buah Apel selain untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Memelihara Kulit Wajah dan Menutrisi Rambut)

- Teh: daun kelor bisa dikonsumsi dalam bentuk teh yang dicampur dengan rempah lainnya seperti kayu manis atau kemangi dan lemon. Teh daun kelor ini bebas kafein sehingga Anda dapat mengonsumsinya sebagai minuman sebelum tidur. 

Itulah penjelasan mengenai manfaat daun kelor yang bisa berkhasiat dalam melawan segala permasalahan kesehatan serta tambahan inspirasi dalam cara mengonsumsinya.  

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Kesehatan