5 Manfaat Jus Lemon Bagi Kesehatan, Bisa Menangkal Berbagai Penyakit hingga Menutrisi Kulit dari Penuaan


Ilustrasi Lemon-Azzurrodesign-Pixabay

SEPUTAR SURABAYA - Berikut ini adalah manfaat jus Buah Lemon untuk Kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Buah lemon merupakan buah dari tanaman Citrus Lemon yang berbentuk bulan dan agak memanjang. Hampir sama seperti jeruk, namun tingkat kemasaman buah ini lebih tinggi.

Biasanya buah ini dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu karena rasanya yang sangat masam tidak bisa langsung dikonsumsi. 

(BACA JUGA:Mengapa Mata Silinder Bisa Terjadi? Begini Penjelasan Pakar UGM dan Cara Mengatasinya)

Meskipun rasa yang masam, buah ini sangat menyegarkan tubuh bila dijadikan jus. Selain menyegarkan buah ini memiliki kandungan Vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah datangnya penyakit.

Melansir dari laman Express, Sabtu (25/6), jus lemon telah memiliki segudang manfaat yang perlu diketahui, berikut 5 manfaat diantaranya:

1. Praktik Membantu Membersihkan Usus

Jus lemon dengan kandungan vitamin C dan antioksidannya sangat baik untuk pencernaan. Antioksidannya dapat melindungi sel dari radikal bebas yang bekerja untuk mengurangi peradangan.

(BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Ini 3 Tips Jaga Kesehatan Hewan Kurban dari Virus PMK)

Daging buahnya baik untuk membersihkan tubuh terutama pada usus meski tanpa suplemen olahan. Apabila ususnya baik atau sehat maka pencernaan atau mikrobioma usus juga baik.

Biasanya cara mengolahnya dengan dicampur ke dalam air dan minuman hangat. Hal ini telah dipraktikkan selama berabad-abad dan merupakan salah satu yang paling aman untuk dicoba di rumah.

2. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Manfaat jus lemon yang kedua adalah dapat megurangi risiko batu ginjal. Batu ginjal termasuk penyakit yang kerap menjadi keluhan.

(BACA JUGA:Tanaman Ajaib! Inilah 8 Manfaat Daun Kelor yang Dianggap Mampu Mengatasi Segala Permasalahan Kesehatan)

Jus lemon segar dapat berperan mencegah kalsium internal yang jika tidak dapat menyebabkan batu ginjal. Lemon dapat meningkatkan kadar sitrat dalam urin yang mengikat deposit kalsium dan pembentukan batu ginjal.

3. Membantu Tetap Terhidrasi

Tubuh manusia membutuhkan asupan cairan yang cukup setiap harinya. Bual lemon juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian selain air putih.

Meskipun pada awalnya rasa asam mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda, ini merupakan bagian dari rutinitas harian Anda akan dengan cepat membuat Anda terbiasa dengan rasa yang menyegarkan.

(BACA JUGA:Penting! Perhatikan Jam Kerja Organ Tubuh Manusia, Jangan Lagi Memaksakan Diri)

4. Menutrisi dan Mencerahka Penampilan Kulit

Berbagai penelitian mengemukakan bahwa lemo yang kaya vitamin C, atau kerap disebut asam askorbat mampu melakukan perbaikan kondisi kulit. Selain itu ada juga kandungan senyawa Flavonoid, juga berperan penting sebagai pelindung yang ditemukan dalam buah jeruk, juga bermanfaat bagi kulit karena membantu tubuh memproduksi Kolagen.

Zat alami dalam lemon ini yang bertanggung jawab untuk melindungi elastisitas dan integritas kulit, memicu proses antipenuaan dan mencegah penuaan dini.

(BACA JUGA:Bukan Cuma Daging Buahnya, Begini 8 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui )

Manfaat lainnya adalah Antioksidan dalam buah lemon dapat membuang racun dalam tubuh dengan meningkatkan fungsi enzim dan membangkitkan hati Anda, yang memainkan peran penting dalam penampilan kulit Anda.

5. Membantu Atasi Hipertensi

Banyak orang yang kekurangan kalium yang cukup dalam tentunya. Hal ini sangat berbahaya karena dapat membuat anda terkena tekanan darah yang tinggi.

(BACA JUGA:5 Buah Ini Bisa Atasi Dehidrasi Saat Cuaca Panas, Begini Penjelasan dr. Saddam Ismail)

Jus lemon ini memiliki kandungan kalium yang baik untuk mengontrol tekanan darah dan menjadi lebih baik.

Demikian beberapa manfaat dari jus buah lemon yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba.

(SS)

`
Kategori : Kesehatan