Makan Daging Qurban Tanpa Khawatir Darah Tinggi, Inilah 5 Tips Mujarab ala dr. Zaidul Akbar


Ilustrasi hipertensi-1643606-pixabay.com

SEPUTAR SURABAYA - Peringatan Hari Raya Idul Qurban sebentar lagi akan tiba. Penyembelihan hewan qurban akan dilaksanakan seluruh umat muslim di dunia.

Konsumsi utama pada momen ini adalah Daging, berbagai makanan olahan dagin akan ditemui mulai dari olahan santan hingga lainnya. Konsumsi Daging yang berlebihan dapat memicu berbagai penyakit salah satunya Tekanan Darah tinggi.

Jika tekanan darah tinggi dapat berdampak pada kesehatan tubuh lainnya. Namun, Anda tak perlu khawatir masalah kesehatan ini dapat diatasi.

(BACA JUGA:5 Manfaat Jus Lemon Bagi Kesehatan, Bisa Menangkal Berbagai Penyakit hingga Menutrisi Kulit dari Penuaan)

Seorang pakar Herbal Dr. Zaidul Akbar membagikan tips mengatasi risiko darah tinggi. Melansir dari kanal YouTube bisikan.com, Dr. Zaidul Akbar menyampakikan hal apa saja yang perlu diperhatikan.

"Tips untuk menurunkan darah tinggi ini cukup mudah dan bisa dilakukan siapapun dengan catatan asal bersungguh-sungguh dan diniatkan karena Allah," tutur dokter Zaidul Akbar, dikutip Minggu (26/6).

Setidaknya ada 5 tips yang akan dibagikan dr. Zaidul untuk bisa Anda terapkan di rumah.

"Pertama, saran saya bagi Anda yang terkena Hipertensi atau darah tinggi cobalah mulai memperbanyak sholat sunnah," ungkap dr. Zaidul Akbar.

(BACA JUGA:Mengapa Mata Silinder Bisa Terjadi? Begini Penjelasan Pakar UGM dan Cara Mengatasinya)

Sholat sunnah sangat disarankan untuk mengatasi hipertensi. Sholah sunnah apapun diperbolehkan asal diniatkan untuk Allah.

Kedua, dr. Zaidul menyarankan untuk memperlama waktu rukuk dan sujud.

Selanjutnya, tips yang ketiga yakni melaksanakan sholat malam. Sepeti yang diketahui sholat malam sepeti tahajud juga baik untuk metabolisme tubuh.

Menurutnya, sholat malam sangat baik untuk mencegah hingga menurunkan tekanan darah.

(BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Ini 3 Tips Jaga Kesehatan Hewan Kurban dari Virus PMK)

Adapun mengenai tekanan darah tinggi, dr. Zaidul membeberkan hal tersebut bisa terjadi lantaran tidak seimbangnya hal yang ada dalam tubuh seseorang utamanya asupan air dan mineral.

Oleh karena itu tips keempat, dr. Zaidul mengajurkan untuk perbanyak mengkonsumsi air putih.

Terakhir, tips kelima adalah mengkonsumsi air kelapa minimal 1 kali dalam sehari.

Ia menerangkan juga bahwa rutin menkonsumsi makanan yang tinggi serat juga sangat dianjurkan. Makanan tersebut seperti rumput laut, lidak buaya, atau sayur-mayur. Makanan tinggi serat berfungsi membersihkan tubuh.

(BACA JUGA:Tanaman Ajaib! Inilah 8 Manfaat Daun Kelor yang Dianggap Mampu Mengatasi Segala Permasalahan Kesehatan)

Kemudian perlu juga Anda menghindari makanan olahan untuk menurnkan tekanan darah.

Demikian beberapa tips mujarab dari dr. Zaidul Akbar yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi risiko tekanan darah, apalagi saat mengkonsumsi daging berlebihan.

(SS)

`
Kategori : Kesehatan