Tak Hanya Enak Dikonsumsi, Keju Juga Bisa Cegah Osteoporosis! Ini 5 Manfaat dari Kandungannya


Keju-Myriams-Fotos-Pixabay

SEPUTAR SURABAYA - Berikut ini adalah sederet manfaat dari Keju yang perlu diketahui. Keju merupakan salah satu olahan yang tak hanya enak dikonsumsi tetapi juga memiliki kandungan yang kaya akan manfaat.

Nutrisi yang terkandung dalam keju dapat bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang hingga mencegah Hipertensi. Keju sendiri merupakan salah satu produk olahan susu yang diproduksi melalui proses pengentalan atau koagulasi.

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa keju dan produk susu secara umum dapat berfungsi melindungi gigi berlubang.

(BACA JUGA:Sudah Tau Belum? Begini Lho Proses Penyebaran Cacar Monyet Menurut Kementerian Kesehatan)

Selain itu, keju dengan kandungan gizi dan nutrisinya juga memiliki banyak manfaat lain yang tak kalah penting. Melansir dari PMJ dari berbagai sumber, berikut ini 5 manfaat keju bagi kesehatan tubuh:

1. Cegah Osteoporosis

Keju memiliki kandungan yang sangat bemanfaat bagi kesehatan tulang. Kalsium dan vitamin D yang ada pada keju dapat membantu membangun tulang yang kuat dan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Pengeroposan tulang bisa terjadi lantaran massa tulang yang tengah mengalami pertumbuhan sepanjang masa kanak-kanak dan remaja. Tulang akan mencapai kepadatan puncak sekitar usia 30 tahun.

(BACA JUGA:Tanaman Ajaib! Inilah 8 Manfaat Daun Kelor yang Dianggap Mampu Mengatasi Segala Permasalahan Kesehatan)

Pada saat itu proses penuaan tulang terjadi dari waktu ke waktu. Semakin besar kepadatan tulang Anda pada titik ini, semakin sedikit efek penuaan pada integritas kerangka Anda.

Massa tulang yang tidak memadai dapat berkontribusi pada perkembangan osteoporosis di kemudian hari.

2. Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Keju memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mengonsumsi keju rupanya juga dapat membantu mencegah gigi berlubang.

Kedua mineral ini mampu melawan asam laktat yang secara alami ada di mulut dan mencegahnya dari pengikisan enamel gigi.

(BACA JUGA:6 Manfaat Daun Mint, Ramuan Herbal Ampuh Mengatasi Mual hingga Mengurangi Stres)

3. Sumber Kalsium Terbaik

Perlu diketahui bahwa keju salah satu produk yang menghasilkan kalsium terbaik bagi tubuh. Kalsium merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur fungsi vaskular, transmisi saraf, fungsi otot hingga sekresi hormon.

Penting untuk menjaga asupan kalsium harian agar tulang terjaga dari kerentanan terhadap kerusakan dan patah tulang.

Satu persen kalsium dalam tubuh diperlukan untuk fungsi-fungsi ini, 99% lainnya disimpan dalam tulang. Tulang mengalami perombakan terus menerus sepanjang hidup. Keseimbangan antara kerusakan dan pembentukan berubah dari waktu ke waktu.

4. Cegah Hipertensi

Manfaat keju selanjutnya untuk membantu mencegah hipertensi dan juga membantu menurunkan tekanan darah.

(BACA JUGA:Penting! Perhatikan Jam Kerja Organ Tubuh Manusia, Jangan Lagi Memaksakan Diri)

Terdapat kaitan yang ditemukan antara diet yang mengandung susu dan menurunnya tekanan darah. Diyakini bahwa hal ini disebabkan oleh peningkatan asupan kalsium yang banyak terdapat pada produk dairy seperti keju.

Namun, dalam hal ini penting juga memperhatikan asupan natrium agar tidak melebihi 1.500 mg per hari. Pilihlah keju yang rendah sodium dengan cara memeriksa dengan teliti label kemasannya.

5. Sehatkan Saluran Pencernaan

Keju merupakan salah satu jenis makanan yang diolah dengan cara fermentasi. Cara pengolahan ini membuat keju mengandung bakteri probiotik yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Meski demikian, mengonsumsi terlalu banyak keju justru dapat menyebabkan konstipasi. Tak hanya itu, pada beberapa orang yang tidak dapat mencerna laktosa, keju dapat menyebabkan masalah pada pencernaan seperti diare.

(SS)

`
Kategori : Kesehatan