Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Purwokerto yang Instagramable, Harga Tiket Murah, dan Akses Terjangkau


ilustrasi tempat wisata di Purwokerto-pexels-Pixabay

SEPUTAR SURABAYA – Deretan lokasi Tempat Wisata di Purwokerto berikut ini bisa menjadi pilihan Anda untuk berlibur bersama keluarga. Anda bisa mengakses jalan menuju Tempat Wisata dengan sangat mudah dan biaya tiket yang cukup terjangkau. 

Purwokerto terletak di Kabupaten Banyumas provinsi Jawa Tengah, Indonesia dan menjadi salah satu lokasi yang menyuguhkan banyak potensi wisata alam, seperti  wilayah Baturaden yang dikenal memiliki pemandangan indah dan sejuk.

Hal ini karena posisi wilayah Purwokerto berada di sebelah selatan gunung Slamet, sehingga membuat daerah ini mempunyai berbagai tempat wisata alam.

(BACA JUGA:Viral Pemalakan di Wisata Gunung Bromo, Ternyata Ini Sosoknya! Minta Maaf dan Janji Begini)

Terdapat banyak destinasi seperti Air Terjun atau curug, bukit, serta wisata alam lainnya yang bisa dikunjungi untuk sekedar melepas penatnya hiruk pikuk kota ataupun staycation bersama keluarga.

Selain untuk bersenang-senang, Anda juga bisa mengisi postingan akun Instagram dengan spot-spot foto yang tak kalah menarik di wilayah Purwokerto.

Berikut 5 daftar tempat wisata di Purwokerto yang bisa menjadi referensi Anda untuk berlibur dengan harga murah dan mudah diakses.

(BACA JUGA:Wisata Ratu Boko Indahnya Situs di atas Bukit, Hits dalam Film AADC 2 Lho)

1. Kebun Raya Baturraden


Kebun Raya Baturraden -kebunraya.baturraden-Tangkapan layar Instagram

Tempat wisata di Purwokerto yang paling populer untuk dikunjungi pertama kali adalah Kebun Raya Baturraden.

Suasana sejuk dan tenang dihiasi oleh pepohonan hijau yang rimbun, mampu menyegarkan mata dan membuat pikiran terbebas dari penat. 

Tempat wisata Kebun Raya Baturraden menawarkan berbagai pengalaman menyenangkan selama liburan, mulai dari spot foto yang Instagramable, rumah pohon, air terjun alami, hingga fasilitas keliling kebun raya menggunakan jeep.

(BACA JUGA:Rute Baru Wisata Perahu Kalimas, Cek Cara Pesan Tiket di Sini!)

Tempat wisata Kebun Raya Baturraden ini berlokasi di Jalan Pancurantujuh – Wanawisata Baturraden, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Jam operasional wisata ini dimulai pada pukul 08.00 sampai 16.00, buka setiap hari dengan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 untuk weekday dan Rp 25.000 pada saat weekend. 

2. Curug Jenggala


Curug Jenggala-curug_jenggala-Tangkapan layar Instagram

Curug Jenggala ini merupakan salah satu dari sekian banyak detinasi wisata air terjun yang ada di Purwokerto. 

Air terjun yang berada di wilayah Baturaden ini terbentuk dari pertemuan beberapa sungai sehingga curah air melimpah dan mengalir deras dari ujung bukit.

(BACA JUGA:Penjelasan PT TWC Terkait Kenaikan Tarif dan Pembatasan Wisatawan Candi Borobudur)

Objek wisata ini menawarkan tiga jajaran air terjun yang mengalir deras dan bisa Anda nikmati dari bebatuan yang tak jauh dari titik curug. 

Spot foto pemandangan tepat di depan curug telah dilengkapi dengan dek kayu berbentuk hati sehingga membuat hasil jepretan semakin menarik.

Air terjun atau curug Jenggala ini dapat Anda temui di lokasi Dusun Kalipagu, Ketenger, Baturaden, Kabupaten Banyumas dan dapat diakses setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 15.30 dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000. 

(BACA JUGA:Pemkot Surabaya Bakal Tambah Wisata Sejarah Baru, Rumah Kelahiran Bung Karno Dijadikan Museum)

3. Bukit Watu Meja


Bukit Watu [email protected] layar Instagram/Instapurwokerto

Jika Anda sedang mencari tempat wisata dengan spot foto yang Instagramable, Bukit Watu Meja bisa menjadi pilihan destinasi yang tepat.

Bukit Watu Meja memiliki pesona pemandangan alam yang indah dengan landscape perbukitan, sungai, dan gunung, sehingga aktivitas hunting foto menjadi lebih kece.

Ada tempat khusus yang telah tersedia di pingir tebing untuk menjadi salah satu titik foto dengan background pemandangan dari atas.

(BACA JUGA:Wisata Sambil Belajar di Museum Pendidikan Surabaya, Spot Foto Instagramable Tersedia Lho)

Biaya untuk masuk ke tempat wisata alam Bukit Watu Meja juga tergolong sangat ramah di kantong. Anda hanya perlu membayar tiket Rp7000/per orang untuk bisa masuk ke wisata alam ini.

Untuk lokasi dari objek wisata Bukit Watu Meja juga bisa diakses secara mudah, Anda bisa mengikuti peta lokasi dengan memasukkan alamat Jl. Raya Patikraja – Kebasen, Tumiyang, Kabupaten Banyumas.

Jam operasional tempat wisata Bukit Watu Meja buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Anda bisa menikmati pesona matahari terbenam untuk mendapatkan pemandangan yang jauh lebih indah. 

(BACA JUGA:Long Weekend di Surabaya Aja? Ini 5 Pilihan Destinasi Wisata Sejarah di Surabaya yang Bisa Dikunjungi)

4. Small World Purwokerto


Small World Purwokerto-New.smallworld-Tangkapan layar Instagram

Small World Purwokerto merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang menyajikan berbagai bangunan miniatur tempat atau monumen ikonik yang ada di seluruh penjuru dunia. 

Anda bisa foto dengan background bangunan Piramida Mesir, Menara Pisa Italia, atau Patung Liberty New York dengan harga yang murah.

Untuk menikmati wisata edukasi dan spot foto yang Instagramable ini, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp20.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak pada hari Senin-Jumat (weekdays). Pada hari libur atau weekend yakni Sabtu dan Minggu, harga tiket bertambah Rp5000 untuk masing-masing kategori usia. 

Lokasi Small World Purwokerto ini berada di Jalan Raya Baturaden Barat No. 270, Ketenger Baturaden, Karangmangu, Kabupaten Banyumas. Buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. 

(BACA JUGA:6 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran ke Kota Surabaya, Salah Satunya Tugu Pahlawan)

5. Caping Park Purwokerto


Caping Park Purwokerto-capingpark-Tangkapan layar Instagram

Salah satu tempat wisata di Purwokerto yang cocok untuk para pecinta pecinta foto adalah Caping Park. Terdapat banyak dan beragam spot menarik untuk foto yang tentunya sangat instagramable.

Daya tarik utama yang disuguhkan oleh Caping Park Purwokerto adalah jembatan kaca dengan ukuran 2,5 x 17 meter yang tentu saja akan sangat menantang karena bisa melihat pemandangan secara jelas dari bawah.

Selain itu terdapat wahana menarik yang tak kalah kece untuk berfoto seperti taman bunga, infinity room yang penuh dengan lampu-lampu, serta taman bermain untuk anak.

(BACA JUGA:6 Rekomendasi Sekolah Pariwisata Terbaik di Indonesia Versi Kemenparekraf)

Anda bisa mengunjungi Caping Park Purwokerto setiap hari pada pukul 08.00 sampai 18.00 yang berlokasi di Dusun II, Kebumen, Kecamatan Baturade, Kabupaten Banyumas dengan harga tiket Rp20.000 untuk weekdays dan Rp25.000 saat weekend.

Itulah 5 rekomendasi tempat wisata di Purwokerto yang bisa menjadi pilihan Anda untuk berlibur bersama keluarga. 

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Gaya Hidup