2 Amalan dan Bacaan Doa sebelum Bekerja agar Diberi Kelancaran Urusan serta Rezeki yang Berkah dan Kecukupan


ilustrasi doa sebelum bekerja-Skitterphoto -Pixabay

SEPUTAR SURABAYA – Untuk memulai segala aktivitas, umat Islam dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu agar mendapatkan berkah dari Allah SWT. Berikut bacaan doa sebelum bekerja yang bisa diamalkan agar dilancarkan segala urusannya.

Melakukan pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang tidak akan pernah lepas dari roda kehidupan, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri beserta keluarga.

Tujuan dari bekerja tentu saja untuk mendapatkan Rezeki sehingga setiap orang akan berharap segala sesuatu yang terjadi akan berjalan lancar tanpa hambatan dan kesulitan.

(BACA JUGA:Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan serta Adab-adabnya)

Untuk mencapai tujuan yakni memenuhi kebutuhan, bukan hanya perlu usaha keras tapi juga didampingi dengan doa yang tanpa putus.

Oleh karena itu membaca doa sebelum bekerja  menjadi hal yang sangat penting bagi umat muslim untuk mendapatkan bantuan kelancaran dari Allah SWT.

Syekh Ali Jaber dalam sebuah dakwahnya melalui video youtube yang berjudul ‘2 Amalan Sebelum Bekerja’ mengungkapkan bahwa terdapat dua amalan yang bisa dilakukan umat muslim sebelum bergerak mencari nafkah dan rezeki.

(BACA JUGA:Adab dan Keutamaan Membaca Doa Masuk Kamar Mandi, Lengkap dalam Bahasa Arab beserta Artinya)

1. Membaca Doa Keluar Rumah


Illustrasi Berdoa -mohamed_hassan-Pixabay

Sebelum berangkat kerja, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa keluar rumah. Berikut bacaannya:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

(BACA JUGA:5 Keutamaan Membaca Sholawat, Mulai dari Pahala Berlipat Hingga Doa Terkabul)

Ketika seseorang membaca doa keluar rumah, maka Allah akan memberikan perlindungan dari segala keburukan seperti kecelakaan dan hal-hal yang tidak diharapkan.

Selama beraktivitas di luar rumah, umat muslim juga akan diberikan kecukupan dalam mencari rezeki serta petunjuk tentang sesuatu hal yang mengarah pada kebaikan.

2. Menjaga Salat


ilustrasi salat-sharonang-Pixabay

Kunci untuk mendapatkan berkah rezeki yang melimpah adalah dengan melaksanakan salat, terlebih salat subuh yang memiliki keberkahan rezeki luar biasa.

(BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Ungkap Waktu Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat Agar Cepat Terkabul)

Semakin jauh umat muslim dari salat, maka semakin sempit rezekinya. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menjaga sholat tepat waktu.

Selain dua amalan tersebut, Syekh Ali Jaber juga menjelaskan bahwa membaca Istighfar dapat melancarkan rezeki, tidak ada ahli istighfar yang susah rezeki.

Membaca istighfar secara rutin utamanya pada waktu sahur akan menjaminkan rezeki. Istighfar termasuk dalam amalan sederhana namun manfaatnya sangat dahsyat luar biasa.

(BACA JUGA:Doa Anda Belum Terkabul? Ternyata Ini 6 Waktu Mustajab untuk Berdoa)

Kemudian saat hendak melakukan pekerjaan, terdapat bacaan yang dianjurkan untuk memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam urusannya.

Dilansir dari laman Nu Online, Imam Al-Ghazali mengajurkan bacaan doa dari Al-quran surat Al-Kahfi ayat 10 dan surat Thaha ayat 25-26. 

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي

Rabbanā ātinā min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lanā min amrinā rasyadan (Surat Al-Kahfi ayat 10), rabbisyrah lī shadrī, wa yassir lī amrī. (Surat Thahā ayat 25-26).

(BACA JUGA:Mujarab! Amalkan 5 Doa Ini agar Anak Cerdas, Saleh dan Salihah serta Terlindungi dari Gangguan Setan)

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku.”

Doa ini dapat dibaca ketika hendak memulai aktivitas. Semoga melalui doa ini, Allah memberikan keberkahan rezeki serta kelancaran dalam segala urusan tanpa adanya hambatan. 

Wallahu a’lam bishowab.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

 

`
Kategori : Oase