Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Kontrol Kolesterol setelah Perayaan Idul Adha


ilustrasi kolesterol-rawpixel.com-freepik

SEPUTAR SURABAYA - Momen perayaan Idul Adha biasanya menyajikan hidangan-hidangan yang dipercaya penuh dengan Kolesterol. Untuk itu, mengkonsumsi 5 makanan ini dapat membantu Anda mengontrol Kolesterol yang sedang tinggi dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh akan dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular seperti Jantung. Karena itu, banyak orang mencari makanan-makanan yang dapat membantu mereka dalam meredakan kolesterol.

Dilansir dari Healthline, beberapa jenis makanan ini bisa dijadikan bahan makanan tambahan dalam hidangan Anda jika ingin megontrol dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

(BACA JUGA:Pakar UNAIR Minta Masyarakat Bijak Konsumsi Mi Instan, Ternyata Ada Residu Pestisida Segini)

1. Sayuran


Illustrasi Sayuran-Sabrina_Ripke_Fotografie-Pixabay

Tentu saja sayuran dibutuhkan dalam tubuh dan harus dikonsumsi sebagai hidangan wajib. Karena sayuran adalah bahan makanan yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Apalagi sayuran memiliki banyak mengandung serat, antioksidan, hingga memiliki kalori yang rendah.

Selain itu, beberapa sayuran seperti terong, wortel, dan kentang memiliki kandungan pektin (serat yang dapat larut dalam air) yang tinggi. 

2. Alpukat


Ilustrasi Alpukat-ready made-Pexels

Selanjutnya adalah buah yang banyak disenangi, yaitu alpukat. Alpukat ini adalah buah yang kaya akan serat serta lemah tak jenuh. Dari dua nutrisi tersebut saja, buah berwarna hijau ini dapat membantu menurunkun kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

(BACA JUGA:Imbangi Konsumsi Daging Berlemak dengan 3 Minuman Sehat Ini, Ampuh Usir Kolesterol Jahat!)

Dalam sebuh penelitian, orang dewasa yang mengidap kolesterol bahkan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL mereka secara drastis setelah rutin mengkonsumsi alpukat sehari sekali.

3. Ikan Berlemak


ilustrasi daging ikan-cattalin-pixabay

Ikan berlemak seperti salmon bahkan ikan kembung memiliki nutrisi yang kaya akan Omega-3. Omega-3 dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL serta baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, omega-3 juga dapat menurunkan resiko peradangan serta stroke.

Cara yang paling manjur agar manfaat dari ikan berlemak yang Anda konsumsi ini bisa digunakan dengan baik dalam tubuh yaitu mengkonsumsinya dengan cara direbus dan dikukus.

(BACA JUGA:Ketahui Jumlah Gigi Orang Dewasa Beserta Fungsi dan 5 Cara untuk Merawatnya)

Kurangi mengkonsumsi ikan yang digoreng karena akan meningkatkan resiko penyakit jantung hingga stroke.

4. Kacang-kacangan


ilustrasi kacang-kacangan-Pixabay / heecehil-Pixabay / heecehil

Bahan makanan selanjutnya yang bisa Anda pakai sebagai pengontrol kolesterol dalam tubuh Anda adalah kacang-kacangan.

Kacang-kacangan ini memiliki kandungan serat, mineral, dan protein yang sangat berlimpah. Jika Anda dapat mengolah kacang-kacangan ini sebagai pengganti daging yang Anda konsumsi selepas perayaan Idul Adha, maka makanan tersebut akan membantu Anda mengurangi resiko penyakit jantung.

Selain itu dalam tinjauan 26 penelitian, mengkonsumsi kacang-kacangan 100 gram sehari dapat menurunkan kolesterol LDL Anda secara efektif.

(BACA JUGA:Ingin Masa Tua Lebih Sehat? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Rutin Setiap Pagi)

5. Kakao

Kakao adalah bahan utama dalam pembuatan cokelat. Di sebuah penelitian, terdapat tinjauan bahwa kakao ini dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Jika orang dewasa mengkonsumsi minuman yang memiliki bahan kakao di dalamnya selama satu bulan dengan mengkonsumsinya sehari dua kali, maka penurunan kolesterol LDL mereka akan sebanyak 6,5 mg/dl serta tekanan darah mereka juga ikut menurun.

Agar manfaat dari kakao ini lebih efektif di tubuh Anda, maka disarankan jika Anda mengkonsumsi minuman dengan kadar kakao murni di atas 75 persen.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : healthline