Tak Banyak yang Tahu! Konsumsi Banyak Buah Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental, Begini Penjelasan Pakar


Ilustrasi Buah Segar--pixabay.com

SEPUTAR SURABAYA - Berikut ini hasil penelitian yang menjukkan bahwa mengkonsumsi banyak Buah dapat berpengaruh pada kualitas Kesehatan Mental seseorang.

Melansir dari PMJ News, penelitian ini digagas Aston University Inggris yang mengungkapkan makan buah dalam jumlah cukup disinyalir terkait dengan kesehatan mental.

Tim meninjau kesehatan psikologis dan pola makan 400 peserta dewasa. Penelitian ini membantu memahami hubungan antara makanan dan kesehatan mental, yang kurang dipahami daripada dampaknya terhadap kesehatan fisik.

(BACA JUGA:Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Tubuh! Apa Saja? Simak Ini Penjelasannya)

Secara khusus, makan banyak buah dikaitkan dengan kesejahteraan mental dan pengurangan gejala Depresi.

Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang menyantap kudapan buah sebagai camilan dan Sayuran yang gurih dan manis, memiliki skor depresi yang lebih rendah dan kesejahteraan mental yang lebih tinggi.

Tim tidak lupa memperhitungkan usia, kondisi kesehatan, dan frekuensi olahraga yang dilakukan peserta. Hasil studi telah dipublikasikan di British Journal of Nutrition.

Seperti dilansir dari laman Metro, Sabtu (23/7), penelitian tidak secara langsung membuktikan bahwa makan buah meningkatkan kesejahteraan mental.

(BACA JUGA:Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Kontrol Kolesterol setelah Perayaan Idul Adha)

Namun, penulis utama studi Nicola-Jayne Tuck menganggap sangat layak untuk membiasakan diri menyantap buah. Di sisi lain, orang yang makan lebih banyak makanan gurih rendah nutrisi memiliki kesehatan mental yang lebih buruk.

Tuck menyimpulkan bahwa temuan itu dapat menunjukkan bahwa sering mengemil makanan gurih yang miskin nutrisi dapat meningkatkan penyimpangan mental dan mengimbas kesehatan psikologis.

Dia mengatakan, bukan berarti sayuran tidak baik untuk tubuh. Makan sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral juga penting.

(BACA JUGA:Ketahui Jumlah Gigi Orang Dewasa Beserta Fungsi dan 5 Cara untuk Merawatnya)

Perbedaannya terletak pada cara mengonsumsinya. Tuck menjelaskan, baik buah dan sayuran kaya akan Antioksidan, serat, dan mikronutrien esensial yang meningkatkan fungsi otak yang optimal.

"Akan tetapi, nutrisi ini dapat hilang selama memasak. Karena kita lebih cenderung makan buah mentah, ini berpotensi menjelaskan pengaruhnya yang lebih kuat pada kesehatan psikologis," ungkap Tuck.

(SS)

`
Kategori : Kesehatan